Gallery

Mengenal biji kopi Arabika Gayo.

Mengenal biji kopi Arabika Gayo


1.
Blueberry
Kopi Blue Berry atau Pea Long merupakan kopi berkarakter fisik monokotil dan panjang yang diperoleh hanya 10 % dari setiap 1 kilogram kopi jantan dan dilakukan secara manual. Pea Long memiliki citarasa yang spesial, yakni balance, body yang kuat, plavour, keasaman dan rasa manis yang seimbang.

2.
1
Long Berry
Longberry adalah varian kopi Arabika yang bentuknya lebih panjang dari biasanya. Di tanam didataran tinggi Gayo.
Kebanyakan kopi sudah berusia 50 hingga 100-an tahun. Dasar kopi adalah kopi Arabica yang ditanam pada zaman Belanda dulu. Karakter kopi ini tidak terlalu kuat, tetapi mempunyai profile yang balance dan bercitarasa herbal seperti kebanyakan kopi pada umumnya atau berkarakter daerah dimana kopi tersebut ditanam.
Ukuran kopi ini lebih panjang, karenanyalah ia disebut sebagai longberry. Gayo Longberry memiliki kekentalan (body) menengah ringan dengan keasaman lembut disertai rasa caramel.

3.
Born-born

Kopi Born- Born Gayo mempunyai citarasa tinggi yang ditanam di 1.520 mdpl. Kopi ini merupakan hasil seleksi petani langsung dan kecendrungan tekstur kopi lebih besar.

Keunggulan kopi ini dapar dilihat dari beberapa indikator yaitu fragrance (bau bubuk kopi), aroma ( bau kopi setelah diseduh dengan air panas), body (kekentalan), flavor (rasa) dan rasa di mulut dan kerongkongan setelah minum kopi (after taste).


Comments
3 Comments

3 komentar: