Gallery

Budaya Ngopi dan Kebiasaan Masyarakat Desa



Budaya kopi.
Sipirok (Mandheling) :
1.Sipirok terletak di provinsi Sumatera Utara di kabupaten Tapanuli Selatan (TAPSEL) dan daerah ini memiliki ketinggian 900- 1200mDpl . vegetasi yang produktif sebagai penghasilan masyarakat adalah Kopi, yang telah dilakukan sejak tahun 1.700 an  kopi yang yang meyebar di Sipirok adalah jenis kopi Robusta dan Liberika yang biasa disebut dengan  kopi HAU. Pada tahun 1800 varietas Arabica datang dari belanda yang familiar disebut dengan kopi JAWA.
Iklim terhadap perilaku manusia terutama Udara yang berkabut di pagi hari membuat tubuh seolah-olah enggan untuk beraktifitas, dengan cita rasa kopi dapat yang  membangkitkan semangat untuk berfikir dan beraktifitas, maka kebiasaan masyarakat setiap pagi hari sebelum melakukan aktifitas mereka selalu mengkonsumsi kopi terlebih dahulu, kebiasaan itu membudaya sampai sekarang untuk masyarakat Sipirok (Tapsel), alasannya  mengkonsumsi kopi dapat menciptakan insprirasi untuk mengatur rencana kerja di kebun mereka masing-masing.
Gayo :
1.Gayo terletak di Provinsi Aceh di kabupten Aceh Tengah dan daerah ini memiliki ketinggian 900 – 1600mDpl.Sebagian besar pendapatan masyarakat nya adalah bertani sayuran dan berkebun kopi,yang di tanam sejak tahun 1924 dan jenis kopi yang ada di daerah ini adalah kopi Robusta dan Arabika.
 Orang Aceh memiliki warung kopi yang banyak, besar dan rame. Kalau anda masuk ke warung kopi, anda akan mendengar suara “gemuruh” seperti di pasar. Semua orang berbicara, tertawa, bercerita, berdiskusi, seperti menjerit. Kalau mau minum kopi dengan tenang dan senyap memang bukan warung kopi tempatnya. Kecuali pada waktu tidak banyak orang, atau di warung kopi yang tidak populer. Banyak warung kopi tidak menyediakan tempat duduk. Kalau mau ngopi, anda masuk ke dalam, memesan kopi yang anda inginkan, dan minum sambil berdiri. Kadang ada satu set meja kursi, namun itu jarang dipakai. Orang lebih suka minum kopi sambil berdiri, bahkan kalau mereka berdua atau bertiga.

Linthong :
1.Lintong terletak di Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Humbang Hasundutan Taput.dan daerah ini memiliki ketinggian 700 – 1100mDpl dan di tanam pada tahun 1750.Kopi lintong diambil dari nama lintong ni huta yaitu adalah salah satu desa sentra kopi yang ada di daerah ini.jenis kopi yang mereka tanam adalah jenis kopi arabika,dan yang menjadi ciri khas kopi arabika di daerah ini adalah rasanya yang lebih lembut serta terasa kental dan aroma wangi juga rasa asm yang khas.
Sejarah unik tentang kopi lintong adalah hingga sekarang ini banyak penduduk dan hampir seluruh petani kopi lintong ini enggan mengkonsumsi kopi yang mereka hasilkan dari kebun dan mereka menganggap kopi ini beracun,beberapa masyarakat mengaku setelah mengkonsumsi kopi ini akan sakit perut dan mual.


Kopi Takar (Batok) kopi luwak medan
Sebelum beraktifitas di kebun harus ngopi ...dulu...!

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar